Senin, 02 Oktober 2017

Memilih Bahan Bangunan Terbaik dan Berkualitas

Memilih Bahan Bangunan – Sebelum anda hendak membangun sebuah rumah, tentu terlebih dahulu anda akan melakukan berbagai perencanaan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan bahan material bangunan yang hendak digunakan sebagai bahan dasar bangun rumah. Setiap orang termasuk anda tentu menginginkan bahan bangunan dengan kualitas tinggi. Agar bangunan yang nantinya didirikan akan memiliki kekuatan yang baik dan tahan lama. Syarat yang harus dipenuhi agar bangunan kuat dan tahan lama, menggunakan bahan material dasar berkualitas dan jaminan mutu yang baik.

Dalam memilih bahan bangunan tentu terdapat trik khusus dan teknik tersendiri dalam melakukan hal tersebut. Terutama bagi orang-orang yang tak memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal bangun rumah, renovasi rumah, dan memahami kualitas material bangunan. Point-point berikut akan membahas seputar tips / trik / cara mudah dalam menentukan bahan material bangunan yang terbaik :

Semen

Secara umum produk semen yang ada di Indonesia memiliki rata-rata kualitas yang sama. Hanya sedikit sekali yang memiliki selisih kadar kualitas yang berneda. Karenanya alangkah baiknya jika anda memilih produk semen dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan produk lainnya. Mengingat semua kualitas semen yang ada di Indonesia memiliki rata-rata kualitas yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih produk semen yang telah populer dan banyak digunakan oleh khalayak ramai.

Pasir

Pasir yang baik untuk digunakan sebagai bahan dasar bangun rumah adalah pasir yang tidak tercampur dengan lumpur. Dan ini umumnya diperoleh dari penambangan di gunung. Bukan didapatkan dari pantai ataupun sungai. Jika pasir tercampur dengan lumpur, maka akan mengakibatkan pemborosan dalam penggunaan semen ketika proses pengadukan bahan dasar bangunan. Semakin banyak kandungan lumpur yang tercampur dengan pasir, maka semakin boroslah campuran semen yang nantinya akan digunakan. Dalam memilih bahan material pasir, anda sebaiknya memilih pasir dengan kualitas tinggi dengan kriteria seperti yang telah dijelaskan. Meskipun lebih mahal, namun sebanding dengan kualitas bangunan yang nantinya akan dihasilkan.

Besi Beton

Besi beton kuno dahulu digunakan banyak orang membangun rumah mempunyai kualitas serta mutu yang baik dibandingkan dengan besi beton sekarang. Fakta tersebut tentu membuat harga besi kuno menjadi lebih mahal. Selain dari faktor kelangkaan dan permintaan yang cukup tinggi dari bahan material tersebut. Sebaiknya anda menggunakan besi beton kuno yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan besi beton sekarang ini. Meskipun relatif mahal, namun pertimbangan kualitas mutu harus menjadi prioritas utama dalam kegiatan memilih bahan bangunan.
memilih bahan bangunan

Batu Bata Merah

Batu bata merah adalah salah satu unsur penting dalam melakukan aktivitas bangun rumah. Bahan material ini juga dinilai memiliki struktur yang lebih kokoh dan kuat dibandingkan dengan batako. Batu bata merah memiliki keunggulan dalam menyerap kalori (panas) dengan sangat baik sehingga suhu dalam rumah akan terasa lebih segar. Batu bata merah yang baik diindikasikan dengan tekstur yang keras, ukurannya yang sedang, dan tidak mudah retak / pecah.

Kayu

Unsur kayu juga masih menjadi suatu bagian penting dalam hal bangun rumah. Dalam memilih material kayu yang baik sebaiknya anda memilih kayu yang dioven dan mempunyai kadar air dibawah kisaran 20 persen. Kriteria ini kayu ini dipilih agar kayu tidak mudah lapuk ketika digunakan.

Genteng

Dewasa ini telah banyak bermunculan jenis atap dalam aktivitas bangun rumah. Akan tetapi atap yang menggunakan genteng tanah liat juga masih banyak digunakan. Genteng mampu menyerap panas matahari secara optimal. Hal ini tentu berpengaruh pada kesejukan di dalam rumah anda. Anda perlu membuat kerangka kuda-kuda yang kuat agar mampu menahan genteng karena bahan material ini memiliki bobot yang cukup berat.

0 komentar:

Posting Komentar